Kamis, 21 Januari 2010

Koleksi Perangko



Koleksi Perangko merupakan salah satu hobi yang mengasikkan, dulu sebelum orang-orang familiar dengan yang namanya hape (hand phone), sms, facebook, email, chatting, fax dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kemajuan dunia telekomunikasi, orang hanya menggunakan surat menyurat melalui pos sebagai sarana untuk menyampaikan pesan jarak jauh dan dengan memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tempat tujuan (tergantung jarak dan jenis pembiayaan yang digunakan)

Dalam surat menyurat melalui media pos dikenal adanya biaya untuk mengirimmkan surat tersebut yang dikenal dengan istilah perangko. Suatu perangko dengan harga yang berbeda akan menjadi acuan dalam lamanya proses pengiriman surat tersebut. Perangko dengan harga yang lebih tinggi akan lebih cepat sampai jika dibandingkan dengan yang bernilai lebih rendah harganya dengan catatan dengan satu tujuan yang sama.

Bagi yang sering menggeluti dunia korespondensi tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya perangko. Suatu jenis perangko memiliki keunikan tersendiri
pada suatu seri dan tahun terbitnya. Seri-seri perangko yang diluncurkan biasanya merupakan gambaran tentang keadaan atau isue yang sedang hangat di masyarakat, tetapi ada juga yang menggambarkan hal lain yang coba di angkat melalui media perangko. Misalnya, perangko presiden Republik Indonesia yang sedang menjabat pada waktu itu, di jadikan sebagai suatu simbol dalam dunia pos (surat-menyurat).

Ada suatu hobi yang cukup di gemari bagi sebagian kalangan khususnya yang berkaitan dengan surat-menyurat, yaitu filateli (koleksi perangko). Setiap seri perangko akan diterbitkan dalam suatu rentang waktu tertentu, dimana perangko itu berlaku dan dicetak dalam jumlah yang bervariasi. Setelah rentang waktu tersebut habis dan persediaan perangko di kantor pos tidak ada lagi, maka keberadaan perangko dengan seri yang diterbitkan tadi tidak akan dipergunakan lagi, sehingga perangko yang sudah terpakai hanya bisa disimpan atau hanya dikoleksi saja, atau malah masih tertempel dengan amplop tempat mengirim surat tadi.

Keberadaan perangko lama tersebut dari tahun ke tahun akan semakin sedikit karena berbagai faktor sehingga perangko jenis tersebut menjadi langka dan bernilai tinggi di pasaran bagi sebagian orang yang hobi dalam dunia filateli.

Apa yang anda ketahui tentang alabio?